Repository dan Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan

Udang Jerbung Diharapkan Bisa Topang Ekspor Bidang Perikanan

0 Views September 27, 2019 0 Comments 0 Likes

TIMESINDONESIA, GRESIK – Udang jerbung (Penaeus merguensis) diharapkan bisa menopang ekspor perikanan jenis udang. Hal itu dikatakan Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP RI) Slamet Soebjakto saat berkunjung ke Gresik, Kamis (26/9/2019)

Sebagaimana diketahui di tahun 2019 ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) berhasil mengembangkan teknik budidaya udang merguensis.

Bahkan, diharapkan udang asli lokal Indonesia itu bisa dibudidayakan di seluruh daerah serta bisa menjadi pilihan lain bagi petambak udang selain membudidayakan udang jenis lain.

Slamet Soebjakto berharap kedepan budidaya udang jerbung dapat turut menopang kinerja ekspor produk perikanan Indonesia dimana udang menjadi salah satu komoditas andalan.

“Tentu itu harapan kami kedepan, hari ini kami uji multi lokasi, selain di Gresik ini juga dilakukan di berbagai daerah seperti Subang Brebes Pemalang Cilacap Demak. Nanti hasilnya kita kumpulkan sebagai data,” katanya.

Slamet mengatakan volume ekspor udang pada tahun 2018 sebesar 197,42 ribu ton atau 17,53% dari total ekspor produk perikanan indonesia dengan nilai ekspor sebesar US$ 1.74 miliar.

“Yang merupakan 35,84% dari total nilai ekspor produk perikanan Indonesia atau memiliki nilai tertinggi diantara komoditas lainnya,” jelasnya.

Dikatakan lebih jauh oleh Slamet, potensi ekspor udang sangat besar dan peluangnya terbuka lebar. Potensi itu ada karena udang menjadi sektor perikanan yang paling diminati eksportir dunia.

“Di pasaran Internasional kekurangan udang, udang jerbung ini komuditas menjanjikan. Mari kita lihat peluang ini dan dimanfaatkan bersama,” ujar Slamet Soebjakto. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *