Repository dan Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan

Tangkapan Udang Rebon Melimpah, Sejumlah Nelayan Kaya Mendadak

0 Views October 7, 2019 0 Comments 0 Likes

PANGANDARAN,(PR).- Sejumlah nelayan tradisional tampak sibuk membulak-balikan udang rebon hasil tangkapan di laut yang tengah dijemur di lapangan Katapang Doyong pantai timur Pangandaran.

Sekarang di Pangandaran sedang musim ikan termasuk udang rebon. Sekali melaut, nelayan berhasil membawa udang rebon hasil tangkapannya hingga 5 ton-an beratnya.

“Baru tadi malam dapat udang rebon yang banyak. Sekali turun bisa dapat 4 sampe 5 ton,” ungkap Ai Nualrasyih nelayan asal Dusun Parapat, Desa Pangandaran saat ditemui di lapangan Katapang Doyong, Sabtu, 5 Oktober 2019.

Sebelumnya, kata Ai, sekali melaut paling hanya memperoleh udang rebon sekitar setengah hingga 1 ton saja.

“Baru mulai malam ini saja dapat banyak,” tegasnya lagi.

Menurut Ai, harga udang rebon saat ini dikisaran 5 ribu perkilogramnya untuk jenis udang rebon basah, sedangkan untuk rebon kering bisa mencapai 25 ribuan perkilogramnya.

“Gak usah jauh-jauh, pengepulnya yang datang ke sini untuk membeli udang rebon yang sudah dikeringkan,” ujarnya.

Hasil tangkapan yang melimpah, membuat sejumlah nelayan Pangandaran jadi kaya mendadak. Apalagi hasil jual udang rebon lagi bagus. Dari pendapatan menjual udang rebon, ada nelayan yang bisa membeli motor. Sebagian lainnya memperbaiki rumah.

Menurut Rukmini salah satu pengepulan udang rebon asal Dusun Bojongtempel, Desa Babakan, Kec Pangandaran, udang rebon yang ia beli dan dikumpulkannya dari para nelayan dijual ke daerah Madura.

“Biasanya sih buat bahan bikin terasi,” ucapnya.***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *