Repository dan Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan

KKP lepas ekspor produk perikanan senilai Rp 13.3 miliar

0 Views January 14, 2020 0 Comments 0 Likes

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepas ekspor produk perikanan senilai Rp 13,3 miliar. Ekspor ini dilakukan serentak di tiga lokasi anak perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk di Banyuwangi, Medan dan Cirebon.

“Kita ekspor perdana produk olahan sidat dengan negara tujuan Jepang, fillet/loin ke Amerika Serikat, dan olahan tilapia ke Filipina, serta pakan udang ke Timor-Leste,” kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Agus Suherman dalam keterangan tertulis, Senin (13/1).

 

Menurut Ahus, ekspor ini menandai penambahan agregasi ekspor perikanan nasional muai awal 2020 hingga 9 Januari 2020 yang telah mencapai Rp 1,4 triliun.

Agus menerangkan, ekspor produk perikanan ini dapat menambah devisa nasional, meningkatkan penyerapan tenaga kerja dalam negeri, serta memberikan efek pada kesejahteraan karyawan serta masyarakat luas, yang memasok segala hal yang terkait dengan ekspor, antara lain kebutuhan pasokan barang dan jasa pendukung, freight fowarding dan jasa logistik lainnya.

Lebih lanjut Agus juga mengatakan, produk perikanan merupakan salah satu sektor andalan ekspor Indonesia dalam mengurangi defisit neraca perdagangan. Karena itu, KKP terus mendorong Unit Pengolahan Ikan seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan kinerjanya untuk meningkatkan ekspor.

 

Kepala Akuakultur PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Ardi Budiono juga mengatakan, KKP turut melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencapai target ekspor ikan nasional.

Tak hanya itu, KKP pun mendorong dan memfasilitasi penetrasi pasar, baik pasar tradisional maupun ke pasar nontradisional seperti pasar Timur Tengah, baik melalui penanganan hambatan ekspor, perundingan penurunan hambatan tarif impor di negara mitra, pameran, misi dagang dan lain-lain.

“Pelepasan ekspor ini merupakan bentuk konsistensi PT Japfa dalam mendukung ekspor di berbagai komoditas, dimana awal tahun ini PT. Japfa kembali mengawalinya dengan mengekspor produk budidaya perikanan. Hal ini tidak terlepas dari upaya PT Japfa dalam mendukung program pemerintah meningkatkan devisa negara demi terciptanya kesejahteraan bersama,” kata Ardi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *