Repository dan Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan

PERTEMUAN TERKAIT PENGUKURAN CAPAIAN IKU TRIWULAN IV TAHUN 2019 DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

0 Views January 14, 2020 0 Comments 0 Likes

SOSEK NEWS, BOGOR, 13 JANUARI 2020

Telah dilaksanakan pertemuan Pengukuran Capaian IKU Triwulan IV Tahun 2019 di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pertemuan dilaksanakan di Aula Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan, Sempur, Bogor pada hari Senin, 13 Januari 2020. Pertemuan diselenggarakan oleh Biro Perencanaan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang melibatkan peserta dari pengelola kinerja semua eselon I di lingkungan KKP. Peneliti Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP) (Dr. Siti Hajar Suryawati dan Dr. Irwan Muliawan) ditugaskan untuk hadir mewakili Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP) dalam pertemuan tersebut.

 

Pertemuan diawali dengan sambutan pembukaan dari Kepala Bagian Pengelolaan Kinerja, Irwan Fakhri, S.Pi. Sambutan yang disampaikan menegaskan bahwa Pengukuran Kinerja merupakan proses sistematis dan berkesinambungan untuk menilai pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program, kebijakan, sasaran, dan tujuan yang telah ditetapkan. Proses ini dimaksudkan untuk menilai pencapaian setiap indikator kinerja guna memberikan gambaran tentang keberhasilan dan kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran. Selanjutnya dilakukan pula analisis akuntabilitas kinerja yang menggambarkan keterkaitan pencapaian kinerja kegiatan dengan program dan kebijakan dalam rangka mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misi sebagaimana ditetapkan dalam rencana strategis. Kegiatan ini dipandang sangat tepat mengingat batas waktu pelaporan kinerja kementerian sudah mendesak.

 

Selanjutnya, masing-masing peserta perwakilan eselon I di lingkungan KKP melaporkan progress dan hasil capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2019. Secara lengkap, target kinerja meliputi IKU dari berbagai pespektif, di antaranya: 1) stakeholder perspective, 2) customer perspective, 3) internal perspective, dan 4) learning and growth perspective. Capaian IKU tersebut di-input ke dalam aplikasi sistem web-based, Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu (SMART) yang digunakan oleh seluruh tingkatan kementerian negara/lembaga (tingkat Satuan Kerja, Eselon I, dan tingkat Kementerian Negara/Lembaga) untuk melaporkan kinerja anggaran yang dikelola oleh setiap unit bersangkutan.

 

Peneliti BBRSEKP, Dr. Siti Hajar Suryawati bersama Dr. Irwan Muliawan menyampaikan progress penghitungan IKMKP 2019 yang sampai saat ini statusnya masih menunggu update data dan indikator yang digunakan dalam penghitungan IKMKP dari eselon I terkait. Data yang digunakan dalam penghitungan IKMKP 2019, mengacu pada formula yang sama untuk penghitungan yang sudah dilakukan sebelumnya sejak tahun 2015.

 

Foto kegiatan:

 

Ditulis oleh Dr. Siti Hajar Suryawati (Peneliti Madya BBRSEKP)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *