Repository dan Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA BBRSEKP DENGAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG

0 Views June 24, 2020 0 Comments 0 Likes

SOSEK NEWS, JAKARTA, 23 JUNI 2020 –  Peningkatan sinergi antara lembaga penelitian dan perguruan tinggi terus diupayakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP-BRSDMKP). Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan dengan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Tentang Pengembangan Riset Sosial Ekonomi Bidang Kelautan dan Perikanan. Penandatangan naskah kerja sama ini dilakukan secara virtual menggunakan media zoom meeting oleh Rudi Alek Wahyudin selaku Kepala BBRSEKP yang berkedudukan di Gedung BRSDMKP Jalan Pasir Putih I, Ancol Timur Jakarta Utara dan Irwan Sukri Banuwa selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung yang berkedudukan di Jl. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Ruang lingkup kerja sama tidak terbatas pada kegiatan riset saja, namun juga mencakup pengabdian masyarakakat di bidang sosial ekonomi Kelautan dan Perikanan, praktek kerja lapangan, bimbingan mahasiswa dan diseminasi serta publikasi hasil riset. Penandatangan kerja sama ini merupakan salah satu langkah  untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan riset unggulan, yaitu menghasilkan model sosial ekonomi kelautan dan perikanan. Akselerasi inovasi pelaksanaan kegiatan riset di tengah pandemi Covid-19 dapat terwujud dengan kerjasama yang baik antar berbagai unsur dalam peneliti termasuk peneliti dan objeknya. Sudut pandang baru diperlukan agar akselerasi inovasi pelaksanaan riset dapat dilakukan, diantaranya dengan melibatkan pihak lain dalam pengambilan data sebagai perpanjangan tangan peneliti.

 

BBRSEKP melalui Kegiatan Riset Model Sosial Ekonomi Open-Closed Season dalam Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan telah menginisiasi kerjasama dalam pengambilan data primer di lapangan, dengan melibatkan Staf Pengajar dan Mahasiswa dari FP UNILA. Guna memperkuat komunikasi, koordinasi dan sinergi yang telah dibangun, maka disusun naskah kerja sama sebagai payung program maupun kegiatan bersama sesuai ruang lingkup yang telah disepakati. Semoga kesepakatan kerja sama ini dapat memperkuat pembangunan sektor kelautan dan perikanan,” ujar Dr. Rudi Alek Wahyudin, Kepala BBRSEKP.

 

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa menyambut baik kegiatan kerja sama ini, karena akan memperkuat salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Kampus Merdeka yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna dalam memasuki dunia kerja.  Menurut Irwan Sukri Banuwa, “Mahasiswa FP UNILA berkesempatan untuk mendapatkan bimbingan oleh peneliti BBRSEKP untuk meningkatkan kompetensinya, termasuk peluang untuk mengakses publikasi dan diseminasi hasil riset dalam jurnal lingkup BBRSEKP”.

 

Setelah acara penandatanganan naskah PKS, acara dilanjutkan dengan penyampaian laporan progress pelaksanakaan kegiatan riset oleh Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Riset Model Sosial Ekonomi Open-Closed Season dalam Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Dr. Achmad Zamroni. “Pengambilan data primer di Lampung Timur dan Tulang Bawang telah dilaksanakan oleh tim enumerator lapang. Selanjutnya, data lapangan ini akan divalidasi oleh tim yang melibatkan Staf Pengajar FP UNILA”, ujar Achmad Zamroni.

 

Kemudian Achmad Zamroni menyampaikan bahwa tahapan selanjutnya adalah analisis data, publikasi dan diseminasi hasil riset yang ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun 2020. Mudah-mudahan kerjasama ini membawa manfaat yang berkelanjutan bagi BBRSEKP dan FP UNILA.

 

   
   
 

 

 

Kontributor : Dr. Siti Hajar Suryawati (Peneliti) dan Sinta Nurwijayanti, M.SE, MA (Kepala Bidang Pelayanan Teknis)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *