Repository dan Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan

Monev Riset Model Open Closed Season Dalam Pengelolaan SDKP Prioritas: Rajungan dan Benih Bening Lobster

0 Views June 30, 2020 0 Comments 0 Likes

SOSEK NEWS, JAKARTA, 25 JUNI 2020 – Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP) menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bulanan kegiatan riset. sebagai bentuk kewajiban dan pertanggungjawaban peneliti terhadap kegiatan penelitian yang dilaksanakan pada tahun 2020. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis, tanggal 25 Juni 2020 melalui pertemuan terbatas pada ruang rapat sekaligus video conference menggunakan aplikasi zoom meeting bagi peneliti yang sedang menjalankan Work from Home (WFH). Monev ini dihadiri oleh Ketua Kelompok Peneliti Dinamika Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi, Kepala Seksi Kerja Sama dan Pelayanan Riset, Tim Peneliti Riset Model Open Closed Season, staf Bidang Tata Operasional, serta undangan lainnya.

 

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Tata Operasional, Yayan Hikmayani, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa Monev Bulanan ini diharapkan dapat memberikan informasi perkembangan dan kemajuan kegiatan riset, identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh tim peneliti, serta antisipasi dan upaya pemecahan permasalahannya.

 

Selanjutnya, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Riset Model Sosial Ekonomi Open-Closed Season dalam Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Dr. Achmad Zamroni, melaporkan progress pelaksanaan kegiatan riset sampai dengan bulan Juni 2020. “Pengumpulan data primer telah dilaksanakan oleh tim enumerator lapang untuk lokasi Lombok Timur, Lombok Tengah, Demak, dan Cirebon. Untuk lokasi Tulang Bawang, Lampung Timur, dan Lampung Tengah memasuki tahap proses validasi, sedangkan lokasi Banyuwangi pada tahap entri ke database. Aktivitas pengambilan data yang dilakukan oleh tim enumerator tetap memperhatikan protokol kesehatan. Lokasi Rembang masih menunggu proses kerja sama dengan Asosiasi Pengelolaan Rajungan Indonesia (APRI). Selanjutnya, tim akan mengevaluasi ruang lingkup dan penggunaan anggaran riset dalam situasi pandemi covid-19 ini, kemudian melanjutkan proses validasi data lapangan”, ujar Dr. Achmad Zamroni.

 

Pelaksanaan Monev Bulanan melibatkan Dewan Pakar BBRSEKP, Prof (Ris). Dr. Sonny Koeshendrajana. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan Tim Peneliti pada Tahapan Monev Semester 1 yang akan dihadiri oleh evaluator eksternal. Adanya ketidaksesuaian anggaran dengan kebutuhan operasional pelaksanaan pengambilan data perlu segera direspon dengan penyesuaian anggaran sesuai usulan dari Ketua Tim Pelaksana.

 

Ketua Kelompok Peneliti Dinamika Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Dr. Siti Hajar Suryawati memberikan apresiasi kepada Tim Peneliti yang telah memelopori pelaksanaan kegiatan riset dengan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak di lokasi riset agar dapat mencapai target yang diharapkan. Hal ini memberikan manfaat positif sebagai bentuk terobosan bukan hanya menghadapi situasi pandemi covid-19 namun juga era digital 4.0.

 

 

 

Kontributor: Dr. Siti Hajar Suryawati (Peneliti BBRSEKP)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *