Repository dan Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan

SINERGI DAN KERJA SAMA BBRSEKP – PUSDATIN KKP DALAM PENYUSUNAN DAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

0 Views May 3, 2021 0 Comments 0 Likes

SOSEK NEWS, JAKARTA, 22 APRIL 2021 – Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP) bersama Pusat Data, Statistik, dan Informasi (PUSDATIN) Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan sinergi dan kerja sama dalam penyusunan dan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Sinergi dilakukan sebagai salah satu bentuk penguatan dan pemantapan analisis data dan informasi kelautan dan perikanan dengan membentuk tim sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 20/SJ Tahun 2021 Tentang Kerja Sama Riset dan Analisis Data, Statistik, dan Informasi Kelautan dan Perikanan Tahun 2021.

 

Tim Kerja Sama Riset dan Analisis Data (KSRA) beranggotakan fungsional dari dua lembaga yang terlibat, yaitu peneliti, statistisi, pranata komputer, dan pranata humas. Tim KSRA diberikan mandat untuk mengidentifikasi, memverifikasi, mengolah serta menganalisis data, statistik, dan informasi kelautan dan perikanan sampai melakukan interpretasi, penyimpulan, dan perumusan rekomendasi kebijakan hingga publikasi.

 

Pada tanggal 22 April 2021, di Ruang Rapat PUSDATIN, Gedung Mina Bahari II Lt. 16, Kementerian Kelautan dan Perikanan, telah dilakukan pertemuan dalam rangka pembahasan pengelolaan data sosial ekonomi kelautan dan perikanan. Pertemuan dilakukan secara daring yang dihadiri oleh peneliti dan pranata komputer dari BBRSEKP serta statistisi dari PUSDATIN. Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pertemuan tanggal 15 April 2021 yang dilakukan secara luring. Dalam sambutan pembukaan yang dilakukan oleh Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr. Budi Sulistyo, beliau mengharapkan tim sudah mulai bergerak menyusun KTI yang dapat berkontribusi dalam menghasilkan rekomendasi kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan.

 

Poin – poin penting hasil pertemuan di antaranya:

  1. Tim KSRA telah melakukan identifikasi topik berdasarkan ketersediaan data dan informasi di PUSDATIN yang terdiri dari: 1) kelompok pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan; 2) kelompok usaha perikanan; 3) kelompok isu pembangunan kelautan dan perkanan; serta 4) kelompok dinamika kelembagaan pelaku usaha perikanan.
  2. Tim KSRA menjabarkan topik-topik tersebut ke dalam konsep dan draft sesuai pedoman penulisan KTI baku.
  3. Tim KSRA berbagi peran sesuai kompetensi fungsionalnya dalam melakukan analisis dan pengolahan data oleh statistisi dan pranata komputer, serta penyelarasan substansi KTI oleh peneliti.
  4. Tim KSRA menyepakati agenda kerja penyusunan KTI.

 

Tindak lanjut dari pertemuan tersebut akan dilakukan analisis dan pengolahan data oleh tim statistisi dan pranata komputer, serta penyelarasan subtansi KTI yang komprehensif dari mulai latar belakang, metodologi sampai pembahasan oleh tim peneliti sehingga rekomendasi yang dikeluarkan akan lebih tajam serta akan dilakukan sinergi lebih lanjut yang melibatkan stakeholder yang lebih luas. Ke depannya, diharapkan akan ada lebih banyak wujud kerja sama ilmiah yang dapat dilaksanakan antara BBRSEKP dan PUSDATIN KKP.

 

 

Kontributor: Edwin Y. Setyawan (Prakom BBRSEKP)

 

Foto kegiatan:

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *